Sabtu, 22 Mei 2010

Perlukah Anak-anak Jajan?

Maraknya berita-berita tentang jajanan yang mengandung zat kimia sehingga anak-anak seringkali keracunan akibat jajan diluar, entah karena makanan tersebut kotor atau sudah kadaluarsa, bahkan ada juga penjual yang dengan sengaja menggunakan bahan-bahan yang seharusnya tidak boleh di konsumsi oleh manusia seperti zat pewarna agar makanan terlihat menarik. Sebaiknya kita harus hati-hati dalam memberikan makanan terhadap anak-anak dan sebisa mungkin jangan membiasakan anak-anak kita membawa uang untuk jajan sembarangan di sekolah atau dimanapun tanpa pengawasan orangtua karena anak-anak belum bisa dan belum mengerti tentang bahayanya zat-zat yang tidak diperbolehkan untuk di konsumsi.
Dalam mengatur pola makan anak-anak, saya berusaha semaksimal mungkin memilihkan menu makanan yang baik dari segi gizi dan kebersihannya. Saya membiasakan anak-anak makan di rumah dengan masakan yang sudah dijamin cara membersihkan dan memasaknya.
Selain makanan pokok nasi, sayur-sayuran, lauk pauk, buah, saya juga selalu membuatkan makanan yang dijual diluar versi sendiri agar anak-anak merasa seperti jajan diluar.
Saya akan memberikan beberapa resep pilihan yang sehat dan bergizi untuk anak-anak dirumah, mungkin bisa di coba oleh para ibu agar anak-anak tidak merengek minta jajan diluar.

1. Puding Coklat Keju

Bahan :

1500gr susu cair UHT coklat
250gr gula pasir
50gr coklat bubuk (diaduk rata dgn air sedikit)
2 bgks agar-agar (diaduk rata dgn air sedikit)
100gr keju parut (sisihkan)

Bahan Fla :

1000gr susu cair UHT putih
200gr gula pasir
2 sdm tepung maizena (cairkan dengan air sedikit)

Cara membuat puding :

Campur semua bahan di dalam panci kecuali keju parut, lalu masak diatas api sedang, aduk-aduk hingga panas dan mendidih, lalu matikan kompor. Siapkan wadah cetakan ukuran diameter 20cm yang sudah dibasahi air es lalu taburkan keju parut dalam wadah secara merata, setelah itu tuangkan adonan puding ke wadah perlahan-lahan, lalu tunggu hingga dingin. Sambil menunggu puding dingin kita buat fla atau saus untuk penyedap. Campurkan semua bahan fla lalu masak dengan api kecil sambil diaduk hingga mengental dan mendidih, lalu matikan kompor tunggu sampai fla dingin, jika sudah dingin kita saring fla pada 1 wadah supaya bagian yang kurang bagus tidak terbawa. Jika puding sudah dingin dan mengeras kita lepaskan dari cetakan dan ditempatkan di piring ceper. Puding coklat keju siap disantap dan lebih nikmat jika disiram dengan fla. Anak-anak pasti suka......


2. Roti Gulung Keju

Bahan :

5 lembar roti tawar tanpa kulit
5 lembar keju sliced
2 buah wortel sedang (potong kecil kira-kira 1/2 cm)
100gr daging giling
3 butir putih telur
100gr tepung roti

Bumbu isi/ragout :
2 siung bawang putih
10 butir biji lada
1 sdt garam (sesuai selera)
1 sdm gula pasir
1 sdm tepung maizena (dicairkan)

Cara membuat :

Pertama-tama kita membuat isi/ragout roti. Haluskan bawang putih, lada, garam, lalu tumis wortel dan daging giling dengan bumbu tersebut lalu beri air dan gula pasir, masak hingga wortel dan dagingnya matang. Jika sudah matang masukkan cairan tepung maizena aduk hingga merata dan kental. Lalu angkat dan sisihkan.
Siapkan roti tawar, keju sliced, rougut, putih telur, tepung roti, dan benang yang sudah dibersihkan untuk mengikat.
Ambil 1 lembar roti tawar dan letakkan keju sliced diatasnya lalu isi dengan ragout, setelah itu gulung roti tawar dengan mengikat masing-masing ujungnya dengan benang, lakukan sampai lembaran roti habis. Setelah itu lumuri roti dengan putih telur dan tepung roti lalu goreng dengan api sedang sambil di bolak balik agar matangnya merata. Jika sudah kuning kecoklatan angkat dan tiriskan minyaknya. Karena ukurannya terlalu besar maka untuk menyantapnya harus kita potong-potong sesuai lingkaran gulungan roti sehingga jika dipotong akan terlihat bentuk yang manis dengan terlhat isinya. Roti gulung siap disantap, jika ingin lebih nikmat bisa menggunakan saus sambal.

Selamat mencoba ya......semoga anak-anak senang...........

Masih banyak lagi loh resep-resep sehat dan bergizi untuk buah hati......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar