Senin, 08 November 2010

Perubahan Sosial Yang Terjadi Saat Ini



Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya perubahan sosial dalam kehidupan kita sehari-hari, karena setiap masyarakat manusia selama hidup pasti mengalami perubahan-perubahan.
Perubahan-perubahan itu bisa berkaitan dengan nilai-nilai sosial, pola-pola perilaku, organisasi, lembaga kemasyarakatan, lapisan dalam masyarakat, serta kekuasaan dan wewenang dan lain-lain.
Semakin majunya teknologi informasi membuat masyarakat tergerak untuk melakukan perubahan-perubahan dengan alasan mengikuti perkembangan jaman. Namun terkadang masyarakat kebanyakan belum bisa membedakan mana yang positif atau negatif.
Perubahan yang sangat signifikan dengan adanya kemajuan teknologi informasi yaitu tampilan-tampilan public figur yang sangat cepat di tiru oleh generasi-generasi muda dari mulai sikap sopan santun yang sudah berkurang sampai dengan cara mereka berbusana yang sudah tidak memandang lagi tradisi ketimuran kita. Dari sisi itu sangat mempengaruhi jiwa konsumtif yang semakin berkembang pada masyarakat.
Namun ada pula perubahan-perubahan yang terjadi berlawanan dengan kemajuan jaman, sebaliknya perubahan itu sangat memprihatinkan sebagian masyarakat kita. Sebagai contoh perubahan yang terjadi akibat faktor alam seperti yang terjadi di daerah Jawa Timur masalah Lumpur Lapindo yang mengakibatkan kerugian yang sangat menyolok, yang menimpa penduduk setempat dengan mengalami kerugian lahir dan batin. Banyak dari mereka kehilangan pekerjaan, tempat tinggal, dan harta bendanya yang sudah sekian lama mereka kumpulkan.
Dari contoh diatas dapat kita lihat perubahan sosial yang terjadi, yaitu dari kehidupan menengah manjadi kemiskinan.
Tetapi ada pula perubahan yang terjadi sebaliknya, sebagian masyarakat ingin menikmati gemerlapnya kehidupan duniawi dengan menghalalkan berbagai cara seperti korupsi, manipulasi, kolusi. Semua itu sangat merugikan bangsa dan negara, dimana seharusnya negara dapat membantu kaum miskin namun disalahgunakan oleh pihak-pihak yang sudah dipercayakan masyarakat untuk memimpin negara ini.
Pada saat ini terlalu pelik perubahan-perubahan yang terjadi, karena semua terjadi akibat dari diri setiap individu masyarakat yang sudah semakin jauh dengan rasa hormat terhadap tradisi dan adat ketimuran kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar