Minggu, 16 Januari 2011

Kasus KKN Yang Menghancurkan Jalan Bisnis dan Politik di Indonesia Saat Ini


KKN atau yang kita kenal dengan Korupsi Kolusi dan Nepotisme merupakan perilaku yang sudah sangat melekat pada setiap organisasi di Indonesia ataupun perorangan, baik organisasi kecil sampai organisasi besar.
Walaupun telah diadakan seleksi yang cukup ketat untuk dapat duduk di kursi pemerintahan dengan syarat pendidkan yang tinggi pula, namun tidak didukung oleh akhlak yang baik sehingga menghalalkan berbagai cara hanya untuk menguntungkan diri sendiri beserta golongannya.
Masalah KKN sampai saat ini masih belum dapat dihapus 100%. Sebagai contoh kecil seorang pimpinan perusahaan memasukkan karyawan baru yang walaupun hanya seorang tenaga outsourching yang berasal dari hubungan keluarga tanpa harus melalui tes ini itu tanpa melihat apakah perusahaan itu membutuhkan SDM baru atau tidak, hal ini secara tidak langsung sudah menimbulkan kecemburuan social bagi pelamar kerja yang benar-benar mempunyai potensi dalam perusahaan itu, selain itu pula dapat merugikan perusahaan dengan harus mengeluarkan gaji kepada pegawai baru tersebut.

Untuk masalah korupsi. Baru saja dirilis oleh Transparency Index tahun 2010. Bahwa peringkat Indonesia dalam Indeks Persepsi Korupsi adalah menempati rank.110 dari 200 Negara di dunia. Ini menandakan Indonesia adalah negara terbersih ke-110 dari 200 Negara,dan terbersih ke-4 dari 11 Negara di Asia Tenggara. Kita harus tahu,bahwa Negara Maju seperti RUSSIA hanya menempati rank.154 dari 200 Negara terbersih,atau jauh lebih korup dari Indonesia.Tetapi mereka kaya.Dan negara-negara Afrika,dan beberapa negara Asia lebih bersih korupsi dari Indonesia tetapi mereka miskin.Sedangkan Indonesia tetap kaya mengapa??? Begini contohnya: Indonesia memiliki kekayaan pemisalan 10 Juta Rupiah,Negara-negara Afrika rata-rata hanyalah 1 Juta Rupiah,Negara-negara Asia 8 Juta Rupiah. Indonesia dikorup 20%,Afrika 5%,Asia 10%,Rusia 40%.Walaupun Indonesia dikorup 20% tetap saja lebih kaya Indonesia,karena 10 Juta Rupiah dikorup 20% masih tersisa 8 Juta Rupiah kan??? Itulah negara kita tetap kaya. Sehingga Indonesia bisa masuk 20 Negara Kaya dengan Ekonomi Terbesar yang dijadikan Ekonomi Utama Dunia(G-20). Saat ini dalam Anggaran penyelengaraan Negara guruku berkata dan aku lihat di Internet sudah dijalankan dengan benar dan baik adalah sebesar 80%,dan pada tahun 2011 ditargetkan mencapai 90%.Berarti saat ini yang belum berjalan dengan baik adalah 20%.

Belum lagi masalah kolusi yang masih dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang selalu memberikan iming-iming kepada petugas instansi dengan maksud agar proposal tendernya disetujui. Alhasil, dengan banyaknya biaya yang dikeluarkan untuk kebutuhan tersebut maka akan mengurangi biaya projek tersebut, seperti kita lihat pembangunan-pembangunan jalan, bangunan, dan lain-lain yang cepat mengalami kerusakan, itu semua disebabkan karena adanya pengurangan biaya bahan baku yang digunakan untuk upeti para pihak terkait. Sungguh menyedihkan jika sampai akhir hayat Negara Indonesia harus berlaku seperti itu.
Oleh karena itu, menurut saya pendidikan Ilmu setinggi apapun tidak akan berarti bila tidak dibarengi dengan akhlak yang baik pula. Jika semua berakhlak baik, insya Allah Indonesia bisa lebih cepat menjadi Negara maju dan makmur bebas dari KKN.
--------------------
Lis Setiawati
27209017
5EB15
Sosiologi dan Politik #

Tidak ada komentar:

Posting Komentar